19 Mei 2010

Tips menghilangkan rasa cemburu


Cemburu adalah emosi yang rumit, terutama dalam suatu hubungan. Jika Anda membiarkan kecemburuan tumbuh, lambat laun dapat merusak hubungan Anda dan pasangan.

Meski demikian, cemburu juga memiliki efek positif dalam suatu hubungan, karena perasaan ini juga merupakan emosi normal yang dimiliki setiap orang yang saling mencintai. Namun, jika Anda termasuk orang yang cemburuan, ada beberapa strategi dasar yang dapat diterapkan untuk mengatasi rasa cemburu.

Berikut langkah-langkah cara mengatasi rasa cemburu :

1. Alihkan Perhatian
Jangan terlalu memfokuskan diri pada perasaan cemburu.Semakin kita “menghayatinya”,maka hati akan semakin panas,pikiran menjadi tidak objektif dan badan “panas dingin”.Alihkan pada hal-hal produktif,seperti menyibukkan diri dengan pekerjaan,anak,hobi,atau ibadah.

2. Jangan Mendramatisasi
Api cemburu akan semakin besar bila kita mendramatisasi atau berprasangka berlebihan.
Tegaskan pada diri untuk berhenti setiap kali pikiran berkembang tak terkendali.

3. Keluarkan Unek-unek
Saat hati sedang panas,ambil buku catatan,lalu tumpahkan isi hati sepuas-puasnya.Kalau bisa buat puisi,lagu atau yang berkaitan dengan isi hati.Bisa pula dengan menangis.Yang penting hati menjadi plong???

4. Tetap Berpikir Positif
Hilangkan pula anggapan bahwa semua laki-laki/wanita itu tidak dapat dipercaya,menyalahkan orang lain,dan lain sebagainya.

5. Turunkan Ambang Kecemburuan
Bayangkan suasana yang membuat kita cemburu,pasangan ngobrol dengan lawan jenis misalnya.Bayangkan sampai kita tidak cemburu lagi.Setelah itu tingkatkan kedekatan hubungan pasangan dengan membayangkan ia berjalan dengan lawan jenis sampai kita tidak cemburu lagi.Kendalikan imajinasi sampai disana.Lakukan dengan penuh kesadaran,bahwa kita sedang cemburu.

6. Kendalikan Diri
Usahakan tidak termakan emosi.Cari informasi yang BAL (Benar,Akurat,dan Lengkap),apakah benar pasangan telah”membagi cinta”Bila benar,cari pemecahan masalah yang menguntungkan kedua belah pihak,plus introspeksi diri.

7. Coba bicarakan kepada pasangan anda akan rasa cemburu yang anda alami.
Jika Anda dapat berbagi emosi dengan cara yang tenang dan tidak terkesan menghakimi, Anda dapat menjernihkan suasana dan menghindari permainan emosi.

8. Luangkan waktu untuk diri sendiri untuk tumbuh dan belajar memahami perasaan iri.
Rasa iri hanya akan menambah perasaan sakit, Jadi jika rasa iri muncul sebaiknya jangan berpikir hal-hal yang negatif karena itu hanya akan memperparah rasa sakit serta cemburu yang diderita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar anda :

Mengenai Saya

Foto saya
Banyak hal yang saya dapat dari ngeblog ini salah satunya adalah selalu memburu artikel - artikel yang saya nilai cukup menarik dan layak untuk berbagi. Berbagi lewat facebook silakan add saya dg nama Jamka Selecta.

Pengikut