7 Des 2011

Cara Penulisan BAB 1 Dalam Penelitian Bid. Kesehatan


1. Pedoman Penulisan Latar Belakang

Pada bagian ini kita harus bisa menguraikan pentingnya sebuah masalah untuk di angkat sebagai judul skripsi, secara sistematik susunan dari pembuatan latar belakang ini tak ubahnya seperti piramida terbalik dalam artian kita harus mengembangkan masalah tersebut mulai dari tingkat global baik sejarah maupun perkembangannya kemudian kita harus melihat masalah tersebut di indonesia apakah benar penyakit ini memiliki efek yang serius dan tinggi. Selanjutnya kita menyertakan juga kejadian penyakit ini pada tingkat propinsi, selanjutnya pada tingkat kabupaten dan terakhir pada tingkat wilayah kerja puskesmas. Data yang dimuat dalam latar belakang ini sebaiknnya data yang berkesinambungan terus terjadi peningkatan, dan sebaiknya data yang terbaru, Misalnya angka kejadian diare pada tahun 2009, 2010 dan 2011.

Dalam pembuatan latar belakang, pada intinya hanyalah uraian pengantar kenapa masalah ini kita angkat sebagai judul skripsi/KTI. Oleh karna itu kita harus memaparkan bahwa ini merupakan sebuah masalah yang cukup serius dan layak untuk dikaji lebih lanjut. Masalah merupakan ketidak sesuaian antara harapan dan kenyataan, harapan seharusnya kejadian penyakit X tidak lebih dari 10 kasus dalam setahun, tapi kenyataannya kejadian penyakit X sebanyak 15 kasus dan itu terus terjadi peningkatan dari tahun ketahun. Ada apa ini kok terjadi peningkatan??..nah itulah yang akan kita teliti, dan kita cari faktor penyebab /variabel independen.

Sebenarnya jika kita telaah banyak masalah di bidang kesehatan ini yang layak kita angkat sebagai judul skripsi/KTI. Salah satu cara yang dapat kita pakai adalah dengan melihat suatu kejadian penyakit yang sedang booming atau kejadian luar biasa. Seperti kejadian luar bisa diare pada balita. Kemudian cara kedua dengan melihat laporan tahunan sebuah instansi kesehatan, disana ada dimuat angka kejadian penyakit, dan pencapaian progaram, misalnya Profil Puskesmas.

Pada situasi lain masalah tidak hanya berbicara mengenai angka proporsi kejadian penyakit, adakalanya suatu instansi kesehatan menerima banyak pengaduan dari kotak saran oleh masyarakat, pada konteks ini masalahnya adalah tingginya angka pengaduan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di puskesmas X tahun 2011, pengaduan masyarakat banyak berarti banyak masyarakat yang berobat ke puskesmas tersebut tidak puas, kita menduga bahwa banyak faktor penyebabnya sesuai dengan teori bahwa faktor2 tersebuat ada hubunganya. Maka judulnya adalah “ Faktor-faktor yang berhubungan dengan ketidakpuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di puskesmas X tahun 2011.

2. Rumusan masalah

Penulisan rumusan masalah dapat kita uraikan dengan merinci variabel independen yang kita ambil dalam skripsi tersebut, misalnya Apakah ada hubungan jenis sarana air bersih dengan kejadian penyakit Diare pada Balita di wilayah kerja puskesmas Koto Baru kabupaten Pesisir Selatan tahun 2011, jika variabelnya ada 3 maka kita harus merinci masing2 ketiga variabel tersebut.

3. Tujuan Penelitian

Penulisan Tujuan penelitian ada 2 yaitu, tujuan umum dan tujuan khusus. Bila kita mencontohkan judul skripsinya Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Diare Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Koto Baru Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2011. Jika penelitian ini mengambil 3 variabel yaitu SAB, Tempat pembuangan tinja dan Personal Hygiene, dan peelitian ini sampai bivariat maka tujuan umumnya adalah; Mengetahui faktor – faktor yang berhubungan dengan kejadian diare pada balita di wilayah kerja puskesmas Koto Baru kabupaten Pesisir Selatan tahun 2011.

Dan tujuan khususnya sebagai berikut;
  1. Diketahuinya distribusi frekuensi jenis sarana air bersih di wilayah kerja puskesmas Koto Baru kabupaten Pesisir Selatan tahun 2011.
  2. Diketahuinya distribusi frekuensi tempat pembuangan tinja di wilayah kerja puskesmas Koto Baru kabupaten Pesisir Selatan tahun 2011.
  3. Diketahuinya distribusi frekuensi personal hygiene ibu balita di wilayah kerja puskesmas Koto Baru kabupaten Pesisir Selatan tahun 2011.
  4. Diketahuinya hubungan jenis sarana air bersih dengan kejadian penyakit Diare pada Balita di wilayah kerja puskesmas Koto Baru kabupaten Pesisir Selatan tahun 2011.
  5. Diketahui hubungan tempat pembuangan tinja dengan kejadian penyakit Diare pada Balita di wilayah kerja puskesmas Koto Baru kabupaten Pesisir Selatan tahun 2010.
  6. Diketahui hubungan personal hygiene ibu balita dengan kejadian penyakit Diare pada Balita di wilayah kerja puskesmas Koto Baru kabupaten Pesisir Selatan tahun 2010.

4. Manfaat penelitian

Manfaat penelitian dapat anda buat menurut anda sendiri sekiranya golongan manakah yang dapat memanfaatkan skripsi ini secara tepat.


5. Ruang lingkup penelitian

Pada bagian ini kita membatasi cakupan penelitian kita baik variabel yang dibahas maupun tempat penelitian serta faktor2 lain yang dianggap perlu untuk dibatasi, seperti populasi dan waktu penelitian.

(jmk/red)

sekian...,Nantikan selanjutnya pembahasan Bab 2!!

Sumber: Teori & Pengalaman Penulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar anda :

Mengenai Saya

Foto saya
Banyak hal yang saya dapat dari ngeblog ini salah satunya adalah selalu memburu artikel - artikel yang saya nilai cukup menarik dan layak untuk berbagi. Berbagi lewat facebook silakan add saya dg nama Jamka Selecta.

Pengikut