25 Jul 2010

Pesona Pesisir Selatan


Kabupaten Pesisir Selatan merupakan salah satu dari 19kabupaten/kota di Propinsi Sumatra Barat, dengan luas wilayah 5.749,89 Km2.Wilayah Kabupaten Pesisir Selatan terletak di bagian selatan Propinsi SumatraBarat, memanjang dari utara ke selatan dengan Panjang garis pantai 234 Km.

Kabupaten Pesisir Selatan, sebelah utara berbatasan denganKota Padang, sebelah timur dengan Kabupaten Solok dan Propinsi Jambi, sebetahselatan dengan Propinsi Bengkutu dan sebelah barat dengan Samudera Indonesia.
Penduduk Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2008 berjumlah 433.181 jiwa (213.462 jiwa laki-laki dan 219.719 jiwa perempuan). Terdiri dengan jumlah KK 97.978 dan 30.649KK adalah penduduk miskin (50%). Dibandingkan padatahun 2007 jumlah KK miskin di Kab. Pesisir Selatan tahun 2008 terjadi penurunan sebesar 16 %. Dengan laju Pertembuhan penduduk sebesar 1,29 % pertahun. Wilayah administrasi pemerintahan terdiriatas 12 kecamatan dan 76 nagari. Sebagian besar penduduk Pesisir Selatan bergantung pada sektor pertanian tanaman pangan, perikanan dan perdangan.Sementara sumber daya potensial lainnya adalah pertambangan, perkebunan dan pariwisata.

Sektor perkebunan terutama perkebunan sawit mulai berkembangpesat sejak sepuluh tahun terakhir, yang berlokasi di Kecamatan Pancung Soal,Basa Ampek Balai dan Lunang Silaut. Melibatkan beberapa investor nasionaldengan pola perkebunan inti dan plasma. Sebuah industri pengota minyak sawitCPO kini sudah berdiri di Kec. Pancung Soat, dengan kapasitas produksi sebesar4.000 ton per hari.

Pesisir Selatan memiliki panorama alam yang cukup cantik dan mempesona. Kawasan Mandeh misalnya, sekarang kawasaan wisata ini olehpemerintah pusat masuk dalam Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Nasional(RIPPNAS) mewakili kawasan barat Indonesia.

mengenai potensi pariwisata Pesisir Selatan jika dikelola secara profesional tentu akan jadi sumber PAD andalan daerah di masa mendatang. Untuk itu pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan membuka diri selebar lebarnya kepada investor yang berminat menanamkan modatnya di daerah ini.

dunsanak yang aka pergi ke pessel diperkirakan memakan waktu hanya sekitar satu setengah jam dari padang, dengan kecepatan rata2 70-80 km/jam menggunakan motor. tapi ingat selalu pakai helm ya..dan jangan lupa motor bebas polisi, karna biasanya ada Razia kendaraan di sekitar Lereng bulit painan. jangan takut..,siapkan saja motor yang lengkap dan patuh lalu lintas. oke!!
Dunsanak dapat mengunjungi objek wisata baik objek wisata alam maupun wisata sejarah dan budaya. Ada beberapa objek wisata yang terkenal antara lain:
1. Pantai Mandeh (Tarusan)
2. Jembatan Akar (Bayang)
3. Air Terjun Bayang Sani (Bayang)
4. Puncak Langkisau (Painan)
5. Pantai Carocok (Painan)
6. Benteng Portugis di Pulau Cingkuk (Painan)
7. Bekas pertambangan emas di Salido
8. Pantai Pasir Putih di Kambang
9. Puing-puing Istana Kerajaan Inderapura di Muaro Sakai (Inderapura)
10. Istana Mande Rubiah di Lunang
Dan banyak tempat wisata lainnya yang bisa anda dikunjungi...
silakan kunjungi ya..!

by jamka
"kenali Negrimu, Cintai Negrimu"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar anda :

Mengenai Saya

Foto saya
Banyak hal yang saya dapat dari ngeblog ini salah satunya adalah selalu memburu artikel - artikel yang saya nilai cukup menarik dan layak untuk berbagi. Berbagi lewat facebook silakan add saya dg nama Jamka Selecta.

Pengikut